Pengertian Dialog Manusia - Komputer:
•Pengertian Umum, dialog adalah proses komunikasi antara 2 atau lebih agen, dalam dialog makna harus dipertimbangkan agar memenuhi kaidah semantis dan pragmatis.
•IMK, dialog adalah pertukaran instruksi dan informasi yang mengambil tempat antara user dan sistem komputer.
•Pengertian Umum, dialog adalah proses komunikasi antara 2 atau lebih agen, dalam dialog makna harus dipertimbangkan agar memenuhi kaidah semantis dan pragmatis.
•IMK, dialog adalah pertukaran instruksi dan informasi yang mengambil tempat antara user dan sistem komputer.
Desain dialog
Dalam
mendesain sebuah dialog, diperlukan deskripsi yang terpisah dari program secara
keseluruhan. Ada beberapa alasan yang mendasari hal tersebut, antara lain :
a. Agar
lebih mudah dianalisa
b. Pemisahan
elemen-elemen interface dari logika program (semantik)
c. Apabila
notasi dialog ditulis sebelum program dibuat, maka notasi tersebut dapat
membantu desainer untuk menganalisis struktur dialog yang diajukan, bahkan
desainer juga dapat menggunakan prototyping tool untuk menguji dialog.
d. Notasi
dialog dapat digunakan sebagai salah satu cara bagi anggota tim perancangan
untuk mendiskusikan rancangan dialog dan pada akhirnya diberikan kepada
programmer aplikasi.
Dialog dalam arti umum adalah percakapan antara dua kelompok atau
lebih. Sedangkan dialog dalam konteks perencanaan user interface
adalah struktur dari percakapan antara user dan sistem komputer. Bahasa
Komputer dapat dibagi atas tiga tingkatan:
1. Leksikal
>> Merupakan
tingkatan yang paling rendah.
>>
Yaitu bentuk icon pada layar.
>>
Pada bahasa manusia, ekuivalen dengan bunyi dan ejaan suatu
kata.
2. Sintaksis
>>
yaitu urutan dan struktur dari input dan output.
>>
Pada bahasa manusia, ekuivalen dengan grammar suatu kalimat.
3. Semantik
>>
yaitu arti dari percakapan yang berkaitan dengan pengaruhnya
padastruktur
internal
komputer dan/atau dunia eksternal.
>>
Pada bahasa manusia, ekuivalen dengan arti yang berasal dari
partisipan dalam
percakapan.
Dialog style
Ragam Dialog
(DIalogue Style) adalah cara yang digunakan untuk mengorganisasikan berbagai
tehnik dialog.
Beberapa
sifat penting yang perlu dimiliki oleh setiap ragam dialog adalah:
1. Inisiatif
Inisiatif
merupakan sifat dasar dari sembarang dialog, karena inisiatif akan menentukan
keseluruhan ragam komunikasi sehingga dapat ditentukan tipe-tipe pengguna yang
dituju oleh sistem yang dibangun. Dua jenis inisiatif yang paling sering
digunakan adalah inisiatif oleh komputer dan inisiatif oleh pengguna. Dalam
inisiatif oleh komputer, pengguna memberikan tanggapan atas prompt yang
diberikan oleh komputer untuk memasukkan perintah atau parameter perintah,
biasanya berupa serangkaian pilihan yang harus dipilih (pilihan menu), atau
sejumlah kotak yang dapat diisi dengan suatu nilai parameter (seperti pengisian
borang), atau suatu pertanyaan yang jawabannya harus dinyatakan dengan cara
tertentu, misalnya dengan ya/tidak atau dengan bahasa alamiah. Karakteristik
utamanya adalah bahwa dialog itu terdiri atas sekumpulan pilihan yang telah
didefinisikan sebelumnya. Sebaliknya, inisiatif oleh pengguna mempunyai sifat
keterbukaan yang lebih luas: pengguna diharapkan memahami sekumpulan perintah
yang harus ditulis menurut aturan (sintaks) tertentu.
2. Keluwesan
Sistem yang
luwes atau fleksibel adalah sistem yang mempunyai kemampuan untuk mencapai
suatu tujuan lewat sejumlah cara yang berbeda. Karakteristik penting dalam
mencapai keluwesan suatu sistem adalah bahwa sistem harus dapat menyesuaikan
diri dengan keinginan pengguna dan bukan pengguna harus menyesuaikan diri
dengan kerangka sistem yang telah ditetapkan oleh perancang sistem. Keluwesan
juga dapat dilihat dari adanya kesempatan bagi pengguna untuk melakukan customizing dan
memperluas antarmuka dari sebuah sistem untuk memenuhi kebutuhan pribadinya.
3. Kompleksitas
Seorang
perancang sistem tidak perlu membuat atau menggunakan antarmuka lebih dari apa
yang diperlukan, karena tidak ada keuntungan yang dapat diperoleh, malahan akan
menjadikan implementasinya menjadi lebih sukar.
4. Kekuatan
Kekuatan
didefinisikan sebagai jumlah kerja yang dapat dilakukan oleh sistem untuk
setiap perintah yang diberikan oleh pengguna.
5. Beban
Informasi
Agar penyampaian
informasi itu dapat berdaya guna dan berhasil guna, beban informasi yang
terkandung didalam suatu ragam dialog seharusnya disesuaikan dengan tingkat
pengguna. Jika beban itu terlalu tinggi, pengguna akan merasa sangat terbebani
yang akan berakibat negatif dalam hal kemampuan pengolahan kognitif dan tingkah
laku pengguna akan merasa bahwa sistemnya seolah-olah menyembunyikan kinerja
penggunanya sendiri.
USER INTERFACE SOFTWARE
Alat Bantu User Interface:
• Aplikasi apa yang biasa digunakan oleh programmer untuk membuatprogram.
• Kombinasi dari objek-objek interface dan perilaku manajemen.
• Sekarang sudah object-oriented.
• Pustaka dari komponen-komponen perangkat lunak dan routinesyang digunakan oleh programmer:
- Xwindows : Xtoolkit & Motif
- Macintosh : Mac Toolbox, MacApp
- Windows : Windows Developer’s Toolkit
- Java : Swing
Alat Bantu User Interface:
• Aplikasi apa yang biasa digunakan oleh programmer untuk membuatprogram.
• Kombinasi dari objek-objek interface dan perilaku manajemen.
• Sekarang sudah object-oriented.
• Pustaka dari komponen-komponen perangkat lunak dan routinesyang digunakan oleh programmer:
- Xwindows : Xtoolkit & Motif
- Macintosh : Mac Toolbox, MacApp
- Windows : Windows Developer’s Toolkit
- Java : Swing
sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar